hygeia

Aesclepius

Sejarah nama Panacea atau Panakeia dimulai sejak jaman legenda mitologi dewa dewi Yunani. Ia adalah seoang dewi Yunani yang merupakan putri dari Aesclepius ( Asklepios). Aesclepius menikahi Epione dan memiliki beberapa anak antara lain Hygeia (dewi kesehatan dan kesejahteraan yang merupakan dasar kata hygenis, di Romawi dikenal dengan Salus ), Panacea (dewi penyembuh segala penyakit, dibaca Panakeia yang berati menyembuhkan semua penyakit), Iaso, Aglaea, dan Aceso. Dikisahkan bahwa Aesculapius sangat trampil dalam pembedahan dan penggunaan tanaman obat yang mengembalikan hidup orang mati. Hades dewa kematian menghadap Zeus karena ia cemas bahwa manusia akan hidup abadi, kemudian Zeus menghukum Aesclepius dengan petir yang membuat ia mati dan dikisahkan ia masih hidup untuk mengawasi para dokter dalam mengobati dari konstelasi bintang Ophiuchus.

Seperti halnaya kepercayaan di seluruh dunia, dewa dan dewi pada mula adalah seorangĀ  manusia biasa yang karena jasanya ia dipuja dan diagungkan secara berlebih. Konon seorang dengan nama dan penampakan yang seperti Aesclepius pernah hidup di 1200 sebelum masehi, ia adalah seorang menyembuh banyak prajurid di medan perang di Iliad. Kisah ini diceritaka oleh Homer yang mengkisahkan perang Trojan, setelah masa “Homeric” Aesclepius lebih dikenal sebagai dewa dan dipuji dikuil sebagai dewapenyembuh.

Aesclepius menjadi inspirasi para dokter Yunani sehingga banyak didirikan Asclepieia yang pada mula dibangun untuk memuja Aesclepius namun berubah menjadi tempat penyembuhan (yang menjadi dasar rumah sakit modern). Asclepieia adalah tempat dimana seorang pasein diobati dan dirawat inapkan, ketika pasien bermimpi melihat ular maka dewa Aesclepius akan menyembuhkan mereka. Hal ini yang mendasari berdirinya rumah sakit Athens, Epidauros and Kos (tempat lahir Hipokrates) diera Yunani dan pulau Tiber di era Romawi.